Suimi Fales : Perbanyak Investor Guna Membuka Lapangan Kerja

0
344

election.id – Ketersedian lapangan kerja tentu menjadi harapan yang selalu diinginkan oleh para lulusan perguruan tinggi maupun lulusan Sekolah Menengah Atas.

Perpindahan penduduk ke suaru daerah salah satu faktor penyebabnya adalah ketersediaan lapangan kerja yang ada.  Kota Bengkulu sebagai ibukota Provinsi Bengkulu secara kuantitas memiliki peluang lapangan kerja yang lebih menjanjikan dibandingkan dengan daerah kabupaten lainnya di provinsi ini.

“Saya melihat bahwa Kota Bengkulu relatif menjadi pilihan bagi para pencari kerja yang ada di Provinsi Bengkulu ini,” jelas Suimi Fales,  SH., MH.,  yang merupakan Ketua Badan Kehormatan DPRD Kota Bengkulu.

Namun demikian,  meskipun Kota Bengkulu menjadi pilihan utama, kondisi lapangan pekerjaan yang ada disini menurut Suimi Fales juga belum mampu memenuhi kebutuhan keseluruhan para pencari kerja.

“Karena lebih tinggi kebutuhan dibandingkan ketersediaan lapangan kerja yang ada,  maka jangan heran apabila para lulusan disini banyak yang merantau ke daerah lain guna mencari pekerjaan yang lebih baik,” jelas Suimi Fales yang akrab dipanggil dengan Wan Sui ini.

Menyikapi kondisi ini Suimi Fales menyarankan agar Pemerintah Kota Bengkulu dan Pemerintah Provinsi harus lebih kreatif untuk mengundang investor luar guna berinvestasi di Kota Bengkulu ini.

“Semakin banyak investor berinvestasi di Kota Bengkulu maka peluang lapangan kerja semakin banyak dan semakin kompetitif,” terang Wan Sui.

Kemudahan perijinan yang diberikan oleh Pemerintah Kota dan Provinsi Bengkulu menurut Wan Sui juga akan menjadi daya tarik bagi investor untuk berinvestasi di Kota Bengkulu ini.

“Pemerintah Kota dan Provinsi tidak akan mampu menyiapkan sendiri lapangan kerja bagi masyarakat, karenanya peran swasta akan sangat menentukan guna membuka lapangan kerja yang ada,  jadi permudah perizinan sehingga jadi daya tarik,” tegas Suimi Fales yang juga merupakan Dosen Luar Biasa Fakultas Syariah IAIN Bengkulu.

Penyiapan program bantuan dana untuk usaha kecil dan mikro juga menjadi alternatif untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

“Program bantuan dana bergulir dari Pemerintah bagi masyarakat usaha kecil dan mikro juga perlu dilakukan sebagai bagian dari upaya membuka lapangan kerja ini,  namun untuk yang satu ini,  harus dipersiapkan secara baik sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari,” tutup Suimi Fales, Calon Anggota DPRD Provinsi Bengkulu untuk Daerah Pemilihan Kota Bengkulu dari Partai Kebangkitan Bangsa Nomor Urut 1. (Adv. Tim Redaksi)

Facebook Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here