dr. Anarulita Muchtar : Koperasi Wadah Realistis Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat

0
330

election.id – Perkembangan jaman menuntut manusia untuk survive dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seringkali permasalahan kesulitan ekonomi, mahal nya harga kebutuhan dasar, serta sulitnya lapangan pekerjaan, menjadi sebab segala permasalahan baik di bidang hukum, sosial, ekonomi dan berbagai permasalahan lain yang menjadi dampak, berbagai kesulitan yang dihadapi pada saat ini.

Salah satu solusi yang dapat menjadi pilihan bagi masyarakat untuk mengatasi masalah tersebut dan paling relevan untuk dilaksanakan adalah pendirian koperasi.

Hal senada juga diungkapkan oleh dr. Anarulita Muchtar, wakil rakyat Provinsi Bengkulu yang duduk di DPR RI, berpandangan koperasi adalah wadah paling tepat bagi masyarakat untuk memperbaiki dan meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup nya.

“Koperasi sangat tepat dengan kepribadian dan jiwa bangsa Indonesia, wakil presiden pertama Indonesia, Bung Hatta, sudah dari dulu menyatakan bahwa koperasi sesuai dengan kultur masyarakat kita karena asas nya kekeluargaan, kerja sama dan gotong royong serta sifat usaha nya yang non komersial dan semata mata untuk membantu mensejahterakan anggotanya,” jelas dr. Anarulita.

Dengan ikut serta nya seseorang menjadi anggota koperasi, berarti dia telah melakukan banyak hal untuk dirinya. Dengan menjadi anggota koperasi, otomatis dia sudah menabung serta mengembangkan usahanya.

“Seseorang yang ikut koperasi nelayan misalnya, dia bisa membeli peralatan nya untuk melaut di koperasi dengan harga yang lebih murah dan suatu saat ia juga bisa meminjam modal di koperasi tersebut,” dr. Anarulita memaparkan.

Pada saat ini Anarulita menilai bahwa perkembangan koperasi sudah baik, adanya varian koperasi saat ini, seperti koperasi simpan pinjam, koperasi unit desa, koperasi nelayan, koperasi pegawai negeri, koperasi sekolah dan masih banyak lagi menandakan masyarakat sudah memahami fungsi koperasi sesuai dengan bidang usahanya.

“Namun demikian dalam penerapannya penghambat kemajuan koperasi adalah, masalah permodalan, ini permasalahan utama tapi dapat di atasi, masalah yang kedua dan seringkali menjadi penyebab bubar nya koperasi adalah masalah kedisiplinan anggota, terutama dalam mengembalikan pinjaman, untuk itu harus selalu di ingatkan kepada anggota untuk taat asas dan taat AD dan ART koperasi,” jelas Anarulita yang saat ini juga menjadi Calon Anggota DPR RI untuk daerah pemilihan Provinsi Bengkulu dari Partai Nasional Demokrat Nomor Urut 1.

Ke depannya Anarulita berharap, dengan semakin banyaknya masyarakat yang sadar akan banyaknya manfaat koperasi, semakin banyak pula masyarakat yang ikut menjadi anggota koperasi, maka semakin banyak masyarakat yang terbantu, baik segi ekonomi nya keuangannya dan tentu saja meningkat kesejahteraannya. (Adv. Calon Reporter 003)

Facebook Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here