Pengamat Politik: Perilaku Politik Masyarakat Bengkulu ini Unik, Heroik dan Menarik

0
145

election.id – Pengamat politik Universitas Bengkulu,  Azhar Marwan,  mengatakan bahwa ada keunikan pandangan politik warga Bengkulu. Hal ini dikarenakan kekuatan daya tarik dari perorangan sebagai pasangan Capres dan Cawapres mutlak saling mengimbangi satu sama lain.

“Pasangan calon itu harus saling berimbang memberikan kontribusi suara dalam politik.  Apalagi bila kekuatan figur orang nomor satunya tidak terlalu dominan,  maka kekuatan orang nomor duanya atau pasangannya harus menunjang secara signifikan,” kata Azhar Marwan ditemui pada Senin, 8 April 2019.

Mengingat beberapa waktu lalu Prabowo Subianto sempat bertandang ke Bengkulu guna melakukan safari politiknya. Saat itu ribuan massa menyambutnya bahkan mengarak-araknya hingga tiba di podium.

Hal demikian pun terjadi pada pasangannya, Sandiaga Uno yang datang lebih dulu ke Bengkulu juga disambut antusias oleh masyarakat Bengkulu.

Hal ini justru berbanding terbalik dengan Pasangan Capres dan Cawapres Jokowi dan Ma’ruf Amin yang kabar kedatangannya tidak terlalu menggema.

Melihat fenomena ini, Azhar Marwan, menegaskan bahwa hak suara dan pilihan masyarakat bisa saja berubah sewaktu-waktu.

“Suaranya tidak permanen sering berubah,  misal dulu parpol tertentu dominan kemudian pada pemilu berikutnya berganti dengan parpol lain.  Begitu juga suara dalam pilpres ini mungkin akan mengalami hal yang sama.  Tahun 2014 paslon 01 dominan,  tapi pada pemilu 2019 ini bisa saja atau bahkan ada kemungkinan berubah,” ujar dosen Universitas Bengkulu ini.

Menurut Azhar Marwan,  fenomena ini disebabkan oleh perilaku politik masyarakat Bengkulu.

“Perilaku politik masyarakat kita di Bengkulu ini unik, heroik dan menarik,” tutupnya.

Untuk diketahui saat ini, guna mengejar pemilih millenial pasangan Prabowo-Sandi gencar melakukan kampanye melalui media sosial, salah satunya Instagram. (Reporter: Riris)

Facebook Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.