dr. Anarulita Muchtar : Transmigrasi Program Unggulan Yang Terlupakan

0
363

lelection.id – Salah satu program unggulan di era pemerintahan presiden Soeharto adalah program transmigrasi, dimana adanya upaya pemerintah memindahkan penduduk di suatu daerah yang padat penduduknya, khususnya daerah Jawa dan Bali ke daerah yang masih jarang penduduk nya seperti di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Program Transmigrasi dilaksanakan secara sistematis, terstruktur dan berkelanjutan, dan dampak nya terhadap pemerataan jumlah penduduk, peningkatan kesejahteraan ekonomi dan sosial, masih dapat kita rasakan sampai saat ini. Dampak positif program transmigrasi ini juga, di akui oleh dr. Anarulita Muchtar, wakil rakyat Provinsi Bengkulu, yang saat ini duduk sebagai anggota DPR RI.

“Menurut hemat Saya program transmigrasi adalah salah satu program yang baik dan masih sangat relevan untuk kita lakukan, meskipun program tersebut merupakan warisan pemerintah terdahulu, akan tetapi manfaat nya dapat kita lihat dan kita rasakan,” jelas dr. Anarulita mengawali pembicaraan.

dr. Anarulita bersama Masyarakat Bengkulu

Manfaat dari program Transmigrasi ini menurut Anarulita, tidak hanya satu pihak yang menerima manfaat nya tetapi ada banyak Pihak, yang pertama mendapatkan manfaat adalah para transmigran itu sendiri. Manfaat yang mereka rasakan sangat jelas, antara lain pertama mereka mendapatkan tanah yang ukurannya cukup luas, minimal satu hektare, dimana dengan lahan tersebut para transmigran dapat berusaha mengolahnya menjadi lahan pertanian ataupun perkebunan sesuai dengan kontur tanah dan sesuai dengan arahan pemerintah. Disisi yang lain tanah transmigrasi tersebut sudah merupakan hak milik bagi para transmigran dan telah diberikan jaminan sertifikat kepemilikan bagi mereka, kedua mereka mendapatkan tempat tinggal yang semi permanen untuk mereka tempati, ketiga mereka memperoleh biaya hidup selama tanah yang mereka olah belum menghasilkan.

Sedangkan pihak kedua yang menerima manfaat program ini adalah penduduk lokal yang didatangi para transmigran, karena dengan kedatangan para transmigran wilayah mereka yang masih jarang penduduknya menjadi bertambah, kemudian adanya alih informasi dan alih teknologi karena di daerah asal transmigran, teknologi pertanian nya lebih maju daripada di daerah tujuan transmigran. Dengan bertambahnya jumlah penduduk di suatu daerah maka pemerintah akan lebih cepat membangun fasilitas-fasilitas umum yang diperlukan seperti jalan, jembatan, instalasi listrik, puskesmas, rumah sakit, pasar bendungan, dan sarana dan prasarana lain nya yang dibutuhkan masyarakat.

Pihak ketiga yang di untungkan dari Program Transmigrasi ini adalah pemerintah, karena tercapai nya salah satu tujuan pemerintah dalam pembangunan, yaitu pemerataan pembangunan dan pemerataan jumlah penduduk di seluruh wilayah di Indonesia, pemerataan hak kepemilikan atas lahan, pembukaan lapangan kerja baru, dan juga peningkatan kesejahteraan masyarakat di bidang sosial dan ekonomi, hal ini dapat kita lihat, biasanya di daerah yang dimasuki program transmigrasi, seringkali kemajuan nya dapat dilihat dan dirasakan, biasa nya daerah tersebut menjadi sentra pertanian dan perkebunan, contohnya daerah merasi di lubuk linggau Sumatera Selatan yang menjadi sentra beras, kelapa dan juga ikan air tawar, daerah sukaraja, Bengkulu Selatan dan daerah Bengkulu Utara serta Kabupaten muko muko yang merupakan daerah sentra karet dan kelapa sawit.

dr. Anarulita bersama masyarakat Bengkulu

“Program transmigrasi ini masih relevan untuk dilaksanakan saat ini, karena meskipun jumlah penduduk di Indonesia semakin bertambah di daerah-daerah padat penduduk seperti di Jawa dan Bali, tetapi di sisi lain seperti daerah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua, masih banyak sekali lahan lahan kosong yang tak berpenghuni, padahal lahan tersebut subur dan produktif serta dapat dimanfaatkan secara maksimal,” terang dr. Anarulita yang juga merupakan Calon Anggota DPR RI untuk Daerah Pemilihan Provinsi Bengkulu, dari Partai Nasional Demokrat Nomor Urut 1.

Lebih jauh, Anarulita berharap ke depannya, terutama kepada pemerintah, dalam hal ini Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi agar kembali mengaktifkan secara baik program Transmigrasi ini kembali, karena banyak sekali manfaat nya, dan juga dengan adanya program tersebut dapat menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan pemerintah, seperti permasalahan kepadatan penduduk, masalah kepemilikan lahan, lapangan kerja, dan juga kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat. (Adv. Calon Reporter 003)

Facebook Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here