Fort Marlborough, Benteng Megah yang Dulu Kelilingi Sungai

0
699

election.id – Fort marlborough pada zaman penjajahan Inggris dan Belanda merupakan bangunan yang di kelilingi hamparan sungai. Aliran sungai tersebut berada di antara laut dan sungai bencoolen. Seiring waktu sungai itu hilang tergerus peradaban baru

“Nama sungai itu sungai serut dan bangsa Inggris menamakannya york fork waktu itu benteng ini letaknya dekat dengan sungai serta rawa rawa mangrove sehingga timbul berbagai macam penyakit”, ungkap pemandu wisata Benteng Fort Marlborough, Eka Nugraha, Jum’at 15 Maret 2019.

Hal senada di utara juga oleh penggiat lestari ekologi, Ali akbar. Ia menceritakan dulunya jalan di depan Benteng yang biasa dilewati adalah sungai tempat gadis Belanda bermain air dengan perahu.

Namun di karenakan letaknya kurang strategis yang di kelilingi hamparan sungai, Benteng itu menjadi petaka bagi pasukan inggris. Banyak tentara maupun sipil merenggang nyawa bukan karena berperang namun karena sakit.

“Banyak prajurit Inggris meninggal karena sakit di sebabkan oleh lingkungan sungai serta rawa-rawa yang menjadi sarang wabah penyakit,” kenang Eka.

Setelah lama terbengkalai, pada tahun 1712 Joseph Collet membongkar perbentengan baru di atas karang lokasi berjarak 2 mil dari York Fort, perbentengan baru ini cukup luas yang menyediakan sarana bagi petugas yang berjaga di Benteng.

Joseph collet menamakan benteng ini Marlborough untuk menghormati Jhon Churchill Duke of Marlborough orang pertama yang menjadi pahlawan Inggris dalam peperangan di eropa.

Selain itu dampak dari lingkungan sungai yang mendatangkan penyakit ini lebih dari 1000 orang baik militer maupun sipil Inggris meninggal saat bertugas di Bengkulu dan mereka di makamkan di pemakaman Inggris di Kelurahan Jitra.

“Menurut sejarah banyak sukarelawan Inggris dari masyarakat biasa yang ikut ke Bengkulu hanya tau sedikit gambaran tentang penugasannya, hingga akhirnya mereka gugur bukan karena berperang melainkan wabah penyakit akibat lingkungan,” tutup Eka.

Tak dapat di elakkan bahwa fort Morlborough merupakan saksi tunggal adanya sungai Yort Fort itu yang mengitari bangunan penuh misteri itu, kini bangunan tua hanya menjadi objek wisata dan sumber sejarah. (Calon Reporter 005)

Facebook Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here