Dispora Buka Selesi Pertukaran Pemuda Internasional

0
381

election.id – Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu bersama Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Bengkulu mengundang pemuda-pemudi Bengkulu untuk mengikuti seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia Tahun 2019.

Seleksi Program Pertukaran Pemuda Antarnegara (PPAN) 2019 asal Bengkulu dibuka pada 1 tanggal 13 sampai dengan 30 Maret 2019.

“Seleksi PPAN 2019 ini akan segera digelar, targetnya pemuda WNI usia 18-30 tahun, belum menikah. Ini seleksi untuk pemuda as long as diusia itu, dan belum menikah. Ini diperuntukkan untuk anak-anak daerah Bengkulu, kalo KTP kamu diluar Bengkulu, ya kamu bisa ikut seleksi di Provinsi tersebut,” ucap anggota PCMI Bengkulu, Ella Deskomariatno.

Sebelumnya Ella Deskomariatno terpilih sebagai delegasi Bengkulu untuk program Pemagangan Pemuda Indonesia-Korea (IKYEP ) 2017.

Menurutnya untuk tahun ini Bengkulu mendapatkan lebih banyak kuota dibanding dengan tahun sebelumnya. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengamanahkan sebanyak 3 kuota, diantaranya Singapura, Australia, dan Jepang untuk delegasi Bengkulu.

“Tahun ini, Bengkulu mendapat 3 kuota untuk 3 negara, yakni Singapura, Australia, dan Jepang untuk delegasi Bengkulu. Singapura 2 minggu lebih, bentuknya seperti pertukaran pemuda antar negara sebagai pelatihan interprenuer yang baik, Australia 6 bulan karena akan ada magang institusi gitu, dan Jepang program yang ruang lingkupnya ASEAN dengan Jepang akan ada penampilan budaya serta home. Untuk di Jepang ini kebanyakan akan dihabiskan di kapal, Nippon Maru adalah kepal pesiar mewah untuk menampung seluruh kegiatan dari para delegasi ASEAN tadi sekaligus juga mengarungi negara-negara tadi,” punkas Ella Deskomariatno yang diwawancarai election.id pada Minggu, 17 Maret 2019.

Tahun ini akan dipilih 1 orang Laki-laki dan 2 orang Perempuan untuk mewakili Provinsi Bengkulu dalam program :
1. Australia-Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP) : Perempuan usia 21-25 tahun
2. Singapore-Indonesia Students Leadership Youth Exchange Program (SIYLEP) : Laki-Laki usia 22-30 tahun
3. Ship for Southeast ASIAN and Japanese Youth Program (SSEAYP) : Perempuan usia 20-30 tahun

“Kriteria untuk perwakilan itu sendiri harus berwawasan luas baik dalam maupun luar negeri, berkepribadian yang baik,serta pekerja keras. Untuk memenuhi kriteria ini akan ada 4 hari seleksi. Hal yang akan dites nanti berupa psikotest, tes tulis yang mencakup pengetahuan umum, budaya, dan bahasa Inggris. Terakhit tes wawancara sebanyak 7 pos yang salah satunya commonitty devoloptment. Juga ada penampilan bakat, karena kan PPAN nanti akan ada performence kebudayaan. Gak harus pinter nari, yang penting kamu mau belajar, dan disini semua bakat itu dihargai,” tutupnya.

Berikut adalah Persyaratan Umum untuk mengikuti seleksi PPAN 2019, diantaranya:
a. Fotokopi KTP (Provinsi Bengkulu).
b. Isi formulir pendaftaran yang disediakan, formulir dapat diunduh pcmibengkulu.org.
c. Pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6 sebanyak dua lembar.
d. Foto Close Up ukuran 2R sebanyak dua lembar.
e. Berstatus pemuda/i (Belum menikah).
f. Belum pernah mengikuti program pertukaran pemuda ke luar negeri di bawah naungan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Untuk Tata Cara Pendaftaran PPAN 2019 adalah sebagai berikut:
a. Unduh formulir pendaftaran pada link diatas.
b. Lengkapi data isian pendaftaran.
c. Kirimkan formulir pendaftaran yang sudah diisi lengkap ke alamat e-mail pcmibengkulu@gmail.com. Subjek e-mail yang dikirimkan adalah PPAN_2019. File formulir yang dilampirkan dinamai dengan nama lengkap peserta, berikut adalah contoh nama file yang akan dilampirkan : ZAINALARIFIN.docx .
d. Pendaftaran Online dilaksanakan dari tanggal 13 sampai dengan 30 Maret 2019.
e. Panitia akan mengirimkan e-mail balasan berupa file name tag yang wajib dicetak untuk kemudian peserta kenakan selama seleksi berlangsung.
f. Berkas yang lolos seleksi akan diumumkan melalui media sosial PCMI Bengkulu, bagi para peserta yang lolos wajib mengikuti Technical Meeting (TM)
g. Peserta seleksi yang lolos tahapan berkas wajib membawa dua (2) rangkap hardcopy persyaratan umum (Poin 1 – 4) ditambah dengan salinan piagam/sertifikat yang ditulis pada formulir pendaftaran saat Technical Meeting (TM) pada hari Kamis, 4 April 2019 pukul 14.00 WIB di Dispora Provinsi Bengkulu.

Reporter : Riris
Editor : Carminanda

Facebook Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here