KPK Tetapkan Ketum PPP Tersangka OTT Jatim

0
200

election.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), H. Muhammad Romahurmuziy sebagai tersangka penerima suap dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Jawa Timur terkait kasus jual beli jabatan di Kementerian Agama RI.

Romi sapaan akrab Ketum Parpol berlambang Ka’bah tersebut ditetapkan sebagai tersangka bersama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Haris Hasanuddin dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik, Muhammad Muafaq Wirahadi. Keduanya diduga sebagai pemberi suap.

Selain menetapkan tiga orang tersangka, dalam operasi senyap tersebut KPK juga mengamankan barang bukti uang tunai dalam pecahan rupiah sejumlah Rp. 156 juta.

“Total uang yang diamankan tim adalah Rp 156.758.000,” kata Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif dalam jumpa pers di gedung KPK, Sabtu 16 Maret 2019.

Kata Laode, penyerahan uang tersebut merupakan yang kesekian kalinya. KPK menduga sebelumnya pernah dilakukan juga transaksi dengan jumlah uang yang lebih besar.

Uang yang diamankan KPK tersebut diketahui sebagai transaksi untuk menjadikan Haris Hasanuddin sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur dan Muhammad Muafaq Wirahadi sebagai Kakan Kemenag Kabupaten Gresik.

Laode menambahkan, sebelumnya Haris Hasanuddin pada Februari 2019 sempat tidak lolos dalam seleksi menjadi Kakanwil Kemenag Jatim. Namun pada awal Maret lalu, Menteri Agama malah melantiknya sebagai Kakanwil Kemenag Jatim.

KPK menduga sebagai penerima suap bukan hanya Romi sendiri. Namun ada pihak-pihak lain di Kementerian Agama yang turut serta membantu memuluskan upaya penetapan pejabat dilingkungan Kementerian Agama.

“Karena ini kejadiannya kemarin. Untuk itu dalam beberapa hari kedepan mungkin kita akan minta klarifikasi dari pihak Kemenag,” jelas Laode.

KPK juga telah melakukan penyegelan terhadap ruang kerja Menteri Agama, Lukman Hakim dan ruang kerja Sekjend Kemenag RI. (Tim Redaksi)

Facebook Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.