Ada Badai Matahari Hari Ini

0
241

election.id – Fenomena langka diperkirakan akan terjadi hari ini, Jumat 15 Maret 2019. Badai matahari yang lebih dikenal dengan badai geometik ini terbentuk dari partikel berenergi tinggi yang dilepaskan dari matahari oleh ledakan di permukaan bintang.

Jenis badai ini terjadi ketika energi yang meledak dari matahari berinteraksi dengan atmosfer Bumi dan medan geomagnetik.

Untuk Bengkulu sendiri fenomena ini dibenarkan oleh Kepala Stasiun Klim Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Bengkulu Kukuh Ribudiyanto, M.Si.

“Ya benar ada peringatan yang dikeluarkan oleh badan , akan terjadi badai matahari pada Jumat ini. Tapi untuk suhu tidak berpengaruh signifikan. Lebih cenderung mengganggu alat komunikasi bila jilatan lidahnya besar,” ungkap Kukuh Ribudiyanto, M.Si, Kepala Sta.Klim BMKG Kelas I Bengkulu.

Serupa dengan keterangan dari laman express.co.uk, yang dikutip dari TribunJabar.id, Kamis (14/3/2019), fenomena badai matahari itu, diprediksi oleh peneliti di laman Space Weather, akan terjadi pada 15 Maret 2019.

“Space weather forecasting experts have predicted the solar storm will reach us on March 15,” tulis express.co.uk dalam tulisan soal badai matahari.

Fenomena badai matahari ini, disebut disebabkan oleh lubang berbentuk ngarai di atmosfer atas matahari. Laman Space Weather menyebut, lubang berbentuk ngarai di atmosfer matahari menghadap bumi. Lubang tersebut memuntahkan aliran angin matahari ke arah bumi.

Fenomena aliran angin matahari menuju ke arah bumi ini disebut pula badai geomagnetik minor G1 dan tidak berbahaya.

Reporter : Riris
Editor : Carminanda

Facebook Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here