5 Kuliner Bengkulu Yang Wajib Dicoba dan Tidak  Akan Dilupa

0
275

election.id – Bengkulu memang selalu dirindu, salah satu alasannya sudah pasti karena kuliner yang menggoyang lidah. Salah satu provinsi di Pulau Sumatera ini ternyata menyimpan sejuta daya tarik. Ibaratnya, kamu nggak akan gampang move on setelah berkunjung ke Bengkulu yang terkenal dengan bentang alam luar bisa indah.

Kamu bisa menemukan berbagai menu di Bengkulu, entah yang asli maupun makanan khas dari daerah lain yang dikenalkan oleh para pendatang. Tapi rasanya pasti kurang lengkap jika belum menyantap makanan khasnya kan? Berikut ini adalah beberapa nama makanan tradisional Bengkulu yang terkenal dan direkomendasikan, wajib coba!! ini lah 5 makanan khas Bengkulu yang dilansir oleh travelingyuk.com :

1. Tempoyak

Tempoyak

Salah satu cita rasa yang mudah ditemui dari makanan-makan Bengkulu adalah rasa asam. Contohnya saja adalah Tempoyak. Makanan ini dibuat dari fermentasi buah durian. Buah duriannya saja sudah mantap, bagaimana dengan olahannya? Sudah pasti sangat nyaman di lidah. Tempoyak bisa dimasak menjadi berbagai menu mulai dari kuah sambal hingga saus. Ada yang bilang jika Tempoyak juga merupakan makanan khas dari dua daerah lain yaitu Jambi dan Palembang.

2. Lema

Sayur Lema dicampur Ikan

Tak banyak orang tau tentang Lema, namun makanan ini juga memiliki cita rasa yang khas. pembutannya hampir sama dengan Tempoyak yaitu dengan cara fermentasi. Saat dimakan langsung, rasa asam akan terasa begitu kuat, begitu juga dengan aromanya. Makanan ini terkenal di kalangan masyarakat Suku Rejang. Lema terbuat dari adonan rebung atau bambu muda. Rebung yang telah dibersihkan kemudian dicincang dan dicampur dengan ikan air tawar. Setelah merata, campuran tersebut disimpan dalam sebuah wadah yang dilapisi dengan daun pisang. Setelah itu dilakukan proses fermentasi hingga tiga hari lamanya. Lema tidak hanya terkenal di dalam negeri saja, tapi juga sampai ke negara Jepang.

3. Lapek Binti

Lapek Binti

Bengkulu juga memiliki kue yang khas dan bisa kamu jadikan oleh-oleh sewaktu berkunjung. Salah satunya adalah Lapek Binti yaitu sejenis kue dengan rasa yang khas dan enak. Lapek Binti memiliki bagian kulit dan isian yang semuanya dibuat dengan bahan yang berbeda. Untuk adonan kulit bisa dibuat dari bahan berupa tepung ketan, garam, dan santan. Kulit tersebut untuk menutup isian yang biasanya berupa gilingan daging yang sebelumnya diolah dengan bumbu khusus dan tambahan santan kelapa, lengkuas dan daun salam.

4. Bagar Hiu

Bagar Hiu

Sesuai namanya, bagar adalah kuliner yang bahan dasarnya diambil dari ikan hiu. Jenis yang digunakan untuk Bagar adalah hiu punai atau hiu tanduk. Alasannya tidak terlalu amis dan mudah diolah karena kulitnya tipis dan lembut. Bumbu untuk membuat Bagar Hiu adalah bawang merah, bawang putih, kunyit, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas. Beberapa bumbu lain juga sengaja ditambahkan untuk memperkaya cita rasanya. Proses memasak Bagar membutuhkan waktu yang tidak sebentar, ini karena ada proses untuk menghilangkan bau amis dan anyir dari daging hiu. Biasanya daging hiu masih harus dibersihkan berulang-ulang dengan air yang diberi perasan daun pisang dan jeruk nipis.

5. Kue Tat

Kue Tat

Kue Tat dan Kue Tart itu meski hampir sama dalam hal nama tapi bentuk dan rasanya juga berbeda. Kue ini biasanya dibuat saat ada acara-acara besar seperti pernikahan. Untuk membuat Kue Tat dengan cita rasa yang khas ada beberapa bahan yang diperlukan. Kamu harus menyiapkan tepung gandum, gula pasir, telur ayam serta mentega. Proses pembuatannya hampir sama dengan kue pada umumnya. Di bagian atas kue biasanya ditambahkan dengan parutan nanas sebagai pemanis.

Itulah beberapa masakan khas Bengkulu yang menunggu untuk segera kamu cicipi. Tunggu apa lagi, yuk ke Bengkulu! (Calon Reporter 004)

Facebook Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here