Dinas PUPR : Lapangan Merdeka Bukan Tempat Orang Berjualan

0
221

election.id – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bengkulu melalui Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) pembangunan Taman Merdeka Bencoolen, Susman menyebut pembangunan taman eks View Tower itu dibangun bukan untuk tempat orang berjualan.

Pernyatan tersebut disampaikannya terkait adanya desakan dari Kerukunan Keluarga Tabut (KKT) Bengkulu yang mengkhawatirkan pembangunan taman tersebut akan menghalangi kegiatan Tabut yang rutin dilakukan setiap tahun.

“Kami juga bersepakat untuk di dalam taman ini bukan untuk tempat orang berjualan. Saya bilang mau Tabut atau tidak Lapangan Merdeka bukan tempat orang berjualan. Apabila ini disepakati maka baru bisa musyawarah ini dilanjutkan. KKT setuju terkait larangan berjualan di dalam lapangan. Nanti setelah kita tata maka urusan pengelolaan taman itu ada ditangan Dinas Oariwisata,” ucap Susman saat ditemui election.id di ruang kerjanya belum lama ini.

Susman menambahkan, Pemerintah Daerah memiliki misi untuk mempercantik tampilan taman tersebut tanpa menghilangkan fungsi dari Lapangan Merdeka Bencoolen. Salah satunya upaya untuk menata ulang pedagang di Lapangan Merdeka Bencoolen. Rencananya dalam kajian itu pedagang akan direlokasi di depan jalan SDN 1 Kota Bengkulu.

“Nanti kita akan buatkan tempat berjualan yang posisi letaknya membelakangi lapangan, bukan menghadap dalam lapangan jadi menghadap ke jalan arah SDN 1 Kota Bengkulu. Tujuannya agar kebersihan lapangan itu terjaga,” tambah Susman.

Menurut Susman diketahui bahwa untuk kedepannya lapangan merdeka akan dikembalikan jadi lapangan. Taman akan ditata ulang, pot-pot yang besar dan terlalu tinggi akan di potong. Ini bertujuan agar pot tidak menghalangi jalan orang. Saat kondisi ramai dan terdesak, sehingga dapat di loncati saat keluar.

Pembangunan yang tengah dilakukan oleh Pemda ini untuk mempercantik tampilan dari Lapangan Merdeka Bencoolen. Bukan untuk mempersempit area lapangan.

Sedangkan isu yang berkembang saat ini terjadi karena salah komunikasi dalam penyampaian rencana pembangunan. Pemerintah berencana untuk mempermegah dari tempat yang biasa dilakukan ritual Tabut, sebagai lapangan upacara setiap tahun dan Bencoolen Festival ini sudah masuk event internasional, yang seharusnya semua orang harus mendukung itu.(Calon Reporter 001)

Facebook Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here