PTUN Bengkulu Proses Eksekusi Perangkat Desa Taba Terunjam

0
541

election.idHumas Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bengkulu Erick Siswandi Sihombing, S.H mengatakan permohonan eksekusi 10 perangkat desa Taba Terunjam yang ditujukan kepada Plt Kepala Desa Taba Terunjam untuk menunaikan hasil putusan PTUN Bengkulu 4/P/FP/2018/PTUN.BKL masih dalam proses.

“Eksekusi itu adalah ranahnya ketua pengadilan. Dalam eksekusi itu sepanjang kami melalui informasi dari kantor masih dalam proses. Artinya masih ada pemanggilan termohon dan pemohon untuk dipertemukan pada sidang eksekusi,” kata Erick Siswandi Sihombing, S.H yang ditemui election.id pada 24 Januari 2018.

Permohonan eksekusi tersebut diajukan karena termohon belum menunaikan isi dari amar putusan PTUN. Hal inilah yang menjadi keluhan para pemohon, seharusnya sebagai warga negara patuh terhadap hukum maka hasil putusan PTUN Bengkulu 4/P/FP/2018/PTUN.BKL tersebut dapat segera dilaksanakan tanpa harus melalui eksekusi.
Yang ingin dicapai dalam eksekusi itu adalah amar putusan yang berkekuatan hukum tetap dilaksanakan oleh pejabat PTUN.

Dalam kasus ini ada 2 amar yang harus dipenuhi yakni pembayaran gaji dan kedua pengembalian jabatan perangkat desa.

Meskipun permohonan eksekusi ini terus berjalan dan dalam proses pemanggilan, namun 10 perangkat desaTaba Terunjam tetap menjalankan kewajibannya untuk bekerja sebagai perangkat desa tersebut.
Amar itu seharusnya dicapai yang dilakukan oleh termohon dalam hal ini adalah Plt Kepala Desa Taba Terunjam.

Jika tidak tercapai 2 amar ini, maka akan dicari solusinya dan yang terpenting tidak merugikan pemohon. Misalnya ditunda pembayaran gajinya dianggaran berikutnya, atau diangkat ke jabatan yang setara. Itu dapat dicapai dieksekusi nanti.

“Kita harapkan termohon kooperatif, agar tidak mengganggu kedepannya. Kalau pun memang ada tidak menaati hukum tentu nanti ada sanksi yakni Sanksi adminitratif yang diatur dalam PP 30 Tahun 2014, dimana sampai pada penurunan jabatan,” tegas Erick.

Pada tanggal 4 Februari 2019 mendatang akan dijadwal untuk pelaksanaan sidang eksekusi yang kedua, diharapkan kedua belah pihak hadir dalam persidangan nanti.(calon reporter 001)

Facebook Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.